Jangan Pencet Jerawat


Majalah Wanita – Sista sekalian pasti pernah dong punya si imut yang satu iniūüėÄ , jerawat. Ada beberapa jenis jerawat seperti komedo, benjolan kecil, jerawat nasi ( putih ) dan jerawat batu. Nah hayo pasti pada gemas sekali kan, ingin rasanya mencetin jerawat. Namun sista sekalian musti hati-hati, ternyata dengan mencetin jerawat membabi buta :p tidaklah mampu mengusir si imut ini dengan bersih.

Mencet jerawat adalah pekerjaan paling sering kita jumpai, terutama sista sekalian, ada juga lho yang ga brani keluar rumah hanya gara2 jerawat, lalu ambil praktisnya saja, pencet jerawat lalu di plaster, hiks jangan deh. Karena mencet jerawat itu bisa jadi menghilangkan jerawat untuk sementara, tapi dengan mencet jerawat artinya kita paksa dia keluar dengan merobek kulit kita, ini yang bahaya, karena bekas luka jerawat akan lebih lama hilang dari jerawatnya sendiri, bahkan pada jenis kulit tertentu akan menjadi permanen, wah ngeri gak tuuuh..yuk jangan pencet jerawat.

Penyebab jerawat sangat bervariasi, antara lain bisa dipicu oleh riwayat keluarga, hormon, dan stres. Pada dasarnya, jerawat itu sendiri diproduksi oleh sebum (minyak alami pada kulit) yang terjebak di bawah permukaan kulit. Jika sebum ini bercampur dengan sel-sel kulit mati dan membentuk sumbatan yang kita sebut komedo, atau bisa bereaksi dengan P. acnes, bakteria yang ditemukan di folikel rambut dan memicu peradangan.

Nah, ketika sista sekalian  memencet jerawat, artinya sista memaksa kotoran tersebut keluar sehingga merobek kulit sista. Saat Anda menekan area yang ditumbuhi jerawat, sebenarnya sista sedang memindahkan kotoran dan bakteri dari jari tangan sista ke wajah dan ke jerawat, sehingga malah membuatnya infeksi. Dari sini lah awal mula terjadi bekas-bekas jerawat yang sulit dihilangkan lagi.

Jika sista memang ingin membersihkan wajah dari jerawat, ada baiknya sista mengunjungi dokter kulit atau ahli dermatologi. Ada prosedur yang disebut ekstraksi, di mana mereka menggunakan alat khusus untuk membuka pori-pori yang tersumbat kotoran. Tekanan dilakukan dengan ringan untuk melepaskan komedo. Saat melakukan prosedur ini, mereka sudah mensterilkan peralatannya, mengenakan sarung tangan, membersihkan area yang berjerawat dengan alkohol. Jadi, kemungkinan infeksi diminimalkan.

Ketika berusaha mengatasi jerawat dengan berobat kepada dokter, seringkali sista diminta menggunakan produk yang mengandung pengelupas kimiawi dan bahan antibakteri seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan retinol. Selain itu sista juga akan diberi obat-obatan resep, dan perawatan seperti pengelupasan glikolat, laser, atau perawatan ringan lain. Setelah itu, tentunya sista harus rajin merawat kulit wajah untuk mencegah jerawat tumbuh kembali.

Nah sudah jelas kan, pencet jerawat tuh ga boleh asal ya, apalagi cuman di depan cermin kamar mandi main pencet, waduh ngeri banget deh, mau mukanya bopeng ( wah serem ). Jadi buat sista sekalian yang sedang kena jerawat, jangan asal pencet ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s