Bagaimana Cara Mengajarkan Berpuasa Pada Anak


Majalah Wanita – Halo bunda dan sista sekalian, bulan Ramadhan telah tiba, tentu saja kegembiraan menyambut datangnya bulan Ramadhan juga kita rasakan. Menyiapkan keperluan Ibadah pada saat bulan Ramadhan adalah kegiatan paling dinanti-nanti. Serta kegiatan rutin yang pasti wajib adalah berpuasa di Bulan Ramadhan.

Nah kali ini Majalah Wanita akan sedikit sharing mengenai info bagaimana cara mengajarkan berpuasa pada anak. Nah perlu bunda dan sista ketahui, bahwa puasa untuk anak-anak adalah tidak wajib, karena belum akil baliq atau belum dikenakan keharusan untuk menjalankan ibadah puasa, namun demikian, kita sebagai orang tua haruslah mengenalkan Ibadah Puasa kepada anak-anak, namun dengan cara yang khusus, karena menjalankan ibadah puasa akan terasa berat pada saat pertama kali, namun Insya Allah jika kita mengajarkan Ibadah puasa pada anak kita sedari kecil, maka ketika dia sudah akil baliq sudah menjadi biasa.

  1. Bangunkan anak, dan ajaklah untuk makan sahur bersama. Ini adalah cara mengajarkan berpuasa pada anak pada langkah awal. Dengan membangunkan anak serta mengajak makan sahur, ini akan mengenalkan kepada anak tentang waktu sahur, buatlah suasana yg membuat menarik bagi anak untuk ikut makan sahur, seperti membuat masakan kesukaan anak, dll.
  2. Sediakan makanan yang banyak mengandung gula, karena bagi anak ini akan menjadi sumber energi.
  3. Nah selesai makan sahur jangan berikan vitamin penambah nafsu makan, karena anak akan cepat merasa lapar.
  4. Terangkan kepada anak bahwa puasa itu tidak makan dan minum dari Sahur sampai Buka puasa, namun jika di tengah hari sang anak tidak kuat menahan lapar, maka biarkanlah dia makan, sediakan makanan seperti biasa.
  5. Berilah penghargaan kepada anak jika dia mampu berpuasa sampai waktu tertentu, saya ingat dulu ibu memberikan hadiah jika saya bisa puasa sampai jam 9 pagi, lalu meningkat jam 12 siang, lalu jam 3 sore, dan akhirnya puasa penuh sehari.

Oke bunda dan sista sekian dulu yah sharing di bulan ramadhan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat, dan lebih memberikan nuansa baru untuk berpuasa bareng si buah hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s