Kamasutra India Kuno


Majalah Wanita Kamasutra adalah sebuah ilmu percintaan dari India kuno yang berisi informasi bagaimana melanggengkan hubungan dan menjadikannya lebih romantis. Salah satu bagian dari kitab ini berisi gaya bercinta beserta posisi seks yang bisa dipelajari dan dipraktekkan bersama pasangan. Ada banyak versi kamasutra, versi kamasutra asli disebut juga kamasutra India kuno yang ditulis oleh Vatsyayana dari India Utara pada abad ke-3 setelah melakukan meditasi dan mendapatkan pencerahan.


Kamasutra India kuno sempat hilang tapi kemudian ditemukan kembali dan ditulis ulang oleh Aditya Narayan Dhairyasheel Haksar yang juga berasal dari India. Kitab yang asli terdiri atas 7 bagian, 36 bab dan 1250 ayat. Pembahasan mengenai posisi seks adalah salah satu bagian yang dibahas tersendiri dalam kitab kamasutra asli.


Untuk melihat versi lengkap kitab Kamasutra dalam Bahasa Inggris klik disini. Berikut ini 7 bagian dari Kitab kamasutra kuno sebagaimana di jelaskan oleh Burton dan Doniger, keduanya peneliti dari Universitas Oxford yang berhasil menerjemahkan kitab ini ke dalam bahasa Inggris.


1. Bagian umum
Bagian ini berisi informasi isi buku, tiga tujuan dan prioritas dalam hidup, bagaimana memperoleh pengetahuan sejati, Perilaku baik, refleksi diri. Bagian umum ini terdiri atas 5 bab.


2. Asmara
Bagian ini membahas perihal keinginan, rangsangan, cara merangkul, membelai dan mencium. Ada juga pembahasan tentang menggigit, menampar dan merintih seksual, seks oral, perilaku pria terhadap wanita, teknik bercinta, dan 64 jenis aktifitas seks. Bagian Asmara dalam kitab Kamasutra kuno ini terdiri atas 10 bab.


3. Bagaimana Mendapatkan istri
Bagian ini khusus membahas perihal perkawinan, bagaimana memikat wanita, bagaimana bersikap jika hidup sendiri dan bagaimana mengelola pernikahan yang harmonis. Bagian ini terdiri atas 2 bab.


4. Tugas dan hak-hak istri
Bagian ini berisi informasi hak yang dimiliki istri dalam rumah tangga. Terdiri atas 2 bab dan mengajarkan apa-apa saja yang sebaiknya dilakukan agar menjadi istri yang baik.


5. Istri yang lain
Bagian ini membahas perilaku pria dan wanita, bagaimana berkenalan, pembagian tugas dalam rumah tangga, dan perilaku wanita dalam rumah. Bagian ini terdiri atas 6 bab.


6. Tentang pelacur
Pada bagian 6 dalam kitab Kamasutra India kuno ini berisi nasehat dalam memilih pasangan, bagaimana mencari kekasih yang baik, cara menghasilkan uang, bagaimana memperbaharui persahabatn dengan mantan kekasih, bagian ini juga berbicara tentang keuntungan dan kerugian dalam bercinta. Bagian ini terdiri atas 6 bab.


7. Praktek okultisme
Bagian ini membahas bagaimana meningkatkan daya tarik fisik, bagaimana membangkitkan daya seksual yang melemah. Bagian okultisme terdiri atas 2 bab.


Kitab kamasutra bisa dikatakan sebagai salah satu kitab yang bertujuan untuk medekatkan manusia dengan penciptanya. Sejatinya kamasutra adalah sebuah kitab spiritual, sebuah filosofi India kuno menyebutkan tentang Purusharta yaitu empat tujuan utama dalam kehidupan yaitu berbuat kebajikan, kesejahteraan, kesenangan dan kebebasan.


Sikap orang-orang India terhadap seks dapat dijelaskan melalui sudut pandang sejarah. India memainkan peran penting dalam sejarah seks, bahkan melalui kitab kamasutra ini India kuno akhirnya menjadi terkenal sebagai tempat lahirnya literatur pertama yang memperlakukan seks sebagai ilmu. Boleh dikata, India adalah bangsa yang mempelopori pendidikan seksual melalui seni dan sastra.


Kebudayaan India bisa dianggap sebagai salah satu peradaban kuno, bersama dengan peradaban lembah Indus kuno dan peradaban Mesir kuno kontemporer dan Sumeria, yang tersebar di India modern dan Pakistan pada 4000 tahun yang lalu. Selama periode ini, tidak banyak yang diketahui tentang sikap sosial masyarakat terhadap seks. Pada masa itu, di peradaban lembah Indus, seks hanyalah sebuah praktek dan ritual kesuburan belaka.


Boleh dikata Kamasutra India kuno ini sangat mempengaruhi dunia tentang bagaimana melakukan seks yang benar, termasuk di Indonesia. Kamasutra Indonesia bisa dilihat dari beberapa peninggalan candi yang memuat banyak relief posisi seks seperti candi Sukuh di Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s