Mengunyah Makanan Lebih Lama Ampuh Kurangi Berat Badan


Majalah Wanita – BANYAK penelitian menyebutkan, bahwa mengunyah makanan lebih lama dapat membantu kurangi berat badan. Salah satu hasil penelitian tersebut diperoleh dari para ilmuwan di Harbin Medical University yang telah menemukan fakta bahwa mengunyah lebih baik daripada berbicara.

Hal itu telah dibuktikan oleh percobaan yang melibatkan relawan seharusnya mengunyah setiap gigitan sebanyak 40 kali. Ternyata, hal itu justru memungkinkan untuk menyerap lebih sedikit kalori sebanyak 12 persen.

Teori bahwa semakin lama Anda mengunyah, semakin kecil kemungkinan Anda untuk makan berlebihan, bukanlah hal baru. Banyak ilmuwan mengklaim bahwa makan siang dengan santai memberikan otak lebih banyak waktu untuk mendapatkan sinyal bahwa perut sudah penuh. Hal ini juga mengurangi tingkat ghrelin, hormon rasa lapar. Demikian yang dinukil dari Genius Beauty, Jumat (19/8/2011).

Para dokter dari Harbin telah menguji teori mereka pada 16 orang langsing dan 14 relawan obesitas. Ternyata ada perbedaan cara orang gemuk dan ramping mengunyah. Terlepas dari kenyataan bahwa orang kelebihan berat badan mengunyah pada kecepatan yang sama seperti mereka yang ramping, mereka menelan makanan lebih cepat.

Percobaan selanjutnya melibatkan para relawan yang diberi beberapa porsi kue. Mereka diminta untuk mengunyah dengan baik, pertama 15 kali, dan kemudian 40 kali. Ketika orang sedang mengunyah lagi, mereka mengonsumsi kalori kurang 12 persen, terlepas dari berat badan mereka.

(nsa) okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s