Cara Bersihkan Paru-paru Paska Hirup Debu Vulkanis Merapi


Debu Merapi.jpg

Majalah Wanita – Musibah gunung Merapi di Jawa Tengah tidak hanya berdampak langsung pada penduduk di sekitar Gunung Merapi saja, ternyata debu vulkanik nya juga jangkau daerah yang sangat jauh, seperti area kota Bogor, Purwokerto, Solo, Semarang, dll.

Debu vulkanik merapi ini mengandung banyak partikel dan zat yang apa bila terhirup akan menjadi toksin bagi tubuh manusia. Pertama yang dapat kita lakukan adalah menggunakan masker pada hidung kita, ini untuk mengurangi debu yang kita hirup, namun demikina tidak 100% zat beracun ini tersaring oleh masker, nah apabila kita sudah menghirup nya, maka jalan terbaik adalah mengeluarkan racun-racun ini dari paru-prau kita, berikut tips cara bersihkan paru-paru kita dari debu vulkanis merapi :

Paru-Paru Bersih.jpgMelakukan Latihan Pernafasan, tentu saja latihan ini harus dilakukan tempat yang bersih dari polusi atau debu, caranya adalah tarik napas dalam-dalam, kemudian tahan napas selama empat ( 4 ) hitungan, lalu hembuskan nafas sampai terasa bahwa udara di dalam paru-paru habis, lakukan hal ini selama 5-10 menit, ini akan membantu menguras paru-paru dari sisa udara kotor di dalam nya.

Konsumsi Herbal Pembersih Paru paru, dengan mengkonsumsi herbal kita juga bisa mengeluarkan toksin dalam tubuh terutama paru-paru. Rosemary, atau sering disebut embun laut : digunakan sebagai minyak esensial untuk membantu membersihkan paru-paru, mengandung 24 antioksidan yang bila kita konsumsi secara rutin bisa mengembalikan paru-paru menjadi bersih. Indian tobacco ( Lobelia ) : mampu mengeluarkan lendir-lendir dari dalam paru-paru, mengkonsumsi secara rutin bisa membersihkan kotoran tidak hanya di paru-paru saja, namun juga di saluran pernafasan.

Nah selain hal diatas kita juga bisa mengkonsumsi sayur-sayuran atau bumbu dan makanan yang mampu membantu membersihkan paru-paru kita, berikut daftar makanan yang membersihkan paru-paru:

  1. Lobak
  2. Bawang
  3. Zaitun
  4. Sawi
  5. Anggur
  6. Labu
  7. Selada air
  8. Almond

Bersihkan Rumah dan Hijaukan kembali kebun kita, langkah mudah yang lain adalah dengan mempersihkan rumah kita paska terkena debu vulkanis, caranya dengan menyiram air secara lembut dulu, bersihkan hingga bersih lalu bilas. Lalu bersihkan tanaman yang ada di kebun kita, biasanya daun-daunya tertutup abu vulkanis, ini akan menghambat proses fotosintesa daun itu sendiri, yang artinya kan mengurangi produksi O2 di lingkungan kita.

Olah Raga Rutin, kembalilah beraktifitas seperti biasa, dan kemudian lakukan olah raga secara rutin, disamping olah raga banyak manfaatnya, juga mampu melatih paru-paru kita secara konsisten berarti kita menyehatkan paru-paru kita. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s