Penyebab Rasa Nyeri Pada Payudara


Majalah WanitaNyeri payudara adalah umum dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Baik pria maupun wanita bisa mengalami nyeri payudara, meskipun alasan untuk rasa sakit bisa berbeda. Dalam banyak kasus, nyeri payudara adalah gejala kehamilan, pubertas dan kondisi normal lainnya yang tidak menjadi alasan untuk diwaspadai. Namun nyeri payudara yang berlangsung terus adalah alasan untuk mencari perhatian medis, karena mungkin merupakan tanda awal dari kista atau tumor.

Masa pubertas

Banyak anak perempuan mengalami nyeri payudara sebagai bagian normal dari tumbuh dewasa. Menurut sebuah situs pendidikan, jenis nyeri dapat disebabkan oleh kadar hormon yang berubah dan menyesuaikan tubuh untuk menjadi dewasa. Seiring kadar estrogen meningkat selama pubertas, payudara dapat menjadi lebih lembut untuk disentuh. Anak laki-laki dapat mengalami nyeri payudara secara periodik juga. Meskipun anak laki-laki tidak mengalami lonjakan estrogen sama seperti anak perempuan, mereka mengalami perubahan hormon pengalaman yang dapat memicu ketidaknyamanan payudara.

PMS

Alasan lain untuk nyeri payudara dapat perubahan reguler yang terjadi seiring tingkat hormon berfluktuasi selama siklus menstruasi wanita. Sementara tingkat estrogen dan progesteron naik dan turun selama bulan terjadinya mens, payudara dapat menjadi bengkak dan sakit. Ini mungkin dialami pada satu atau kedua payudara.

Kehamilan

Selama kehamilan, payudara dapat meningkat dalam ukuran. Diindikasikan bahwa wanita hamil sering merasa nyeri payudara karena perubahan hormonal dan seiring saluran susu mulai memperluas dan mengisi dalam persiapan untuk kelahiran anak. Bagi banyak wanita, bengkak dan nyeri payudara mungkin tanda pertama kehamilan mereka.

Kista

Pada beberapa kasus, nyeri payudara dapat menjadi indikasi adanya kista. Kista payudara cukup umum, terutama seiring wanita tumbuh dewasa. Seringkali, pertumbuhan kecil ini jinak dan bisa dihilangkan dengan operasi kecil jika sakit terus berlanjut. Kista dan pertumbuhan dianggap jinak jika mereka tidak bertambah ukuran dan belum menginvasi jaringan yang berdekatan.

Kanker

Dalam kasus yang jarang terjadi, nyeri payudara bisa menjadi indikasi dari kanker. Perempuan harus sangat menyadari kehadiran setiap benjolan atau perubahan bentuk atau ukuran payudara mereka. Selain itu, setiap perubahan ukuran atau bentuk puting juga harus dicatat dan diperiksa oleh dokter. Pemeriksaan payudara bulanan secara mandiri direkomendasikan untuk semua wanita yang melewati usia pubertas.

Untuk mengenal lebih dekat payudara Sista sekalian silahkan download Ebook berikut ya..di sini

9 gagasan untuk “Penyebab Rasa Nyeri Pada Payudara

  1. hi… udah bbrapa hri ni jg payudaraq srasa nyeri, wktu q cba ngraba rsanya tk da benjolan, tk ada cairan kluar, jg tk ada prubahan wrna. rasanya kdang datang kdang prgi dan lgi nyerinya terasa di bgian dlam dri payudara. pdhl q bru slsai m. mau konsul k dkter tp dkter apa ya…

  2. mau tanya.. payudara ku kok suka sakit yah.. terus kalo lagi lari” rasanya “teng-teng” (sakit) udah hampir 3 bulan lebih lah. tp kerasa sakit banget baru minggu” ini.. itu kenapa yah dokter??? makasih

  3. mau tanya,,,
    payudara aku juga sring skit, ,,
    skitnya sering muncul jika aku terlalu lma mengenakan bra, trus jika lagi perih putingX sering terasa kras,,,
    ituw kenapa yah ??

  4. payudara aku juga nyeri banget,trus puting kadang kadang keras gtu”
    padahal aku baru 2 minggu yang lalu mens,,
    kira kira kenapa ya,,kadang di sentuh aja sakit banget

  5. saya usia 28 tahun,,,kok payudara saya terasa kencang dan sakit wkt di senggol apa lagi pada puting ny pun sakit sekali.apa kah ini faktor tanda – tanda mau hamil atau kah mau datang bulan??? tapi saya setelah lepas KB sdh berapa bulan kok saya tdk pernah datang haid.yg ingin saya tanya kan itu apa penyebab ny????

  6. saya ibu menyusui anak saya 16 bulan ..saat ini payudara saya bengkak sampai kelihatan ototny dan skt bgt….kemudian di puting saya ada luka bekas gigitan anak saya…boleh g kl payudara di pijat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s